Olahraga Lari Untuk Menghindari Stres

QuestionsCategory: QuestionsOlahraga Lari Untuk Menghindari Stres
immersivemathfan asked 4 months ago

Olahraga lari
Olahraga lari

Kebanyakan orang tahu tentang pentingnya olahraga sebagai alat penurunan berat badan, peningkatan kekuatan, dan peningkatan daya tahan tubuh, tetapi apakah Anda tau jika olahraga juga dapat memainkan peran utama dalam pengurangan stres. Selain menghilangkan stres, kegiatan olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, emosi dan suasana hati.
Saat Anda berolahraga, tubuh Anda menghasilkan zat yang disebut endorfin. Endorfin terbentuk di dalam tubuh untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan menginduksi perasaan kesejahteraan dan relaksasi. Endorfin memiliki struktur kimia yang mirip dengan morfin. Melepaskan endorfin ini dapat membuat Anda tertidur lebih cepat, dan dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
Ketika situasi penuh tekanan muncul, tubuh mengalami 1500 reaksi biokimia. Ini disebut sebagai respons “fight or flight”. Pada zaman prasejarah, stres mungkin datang melalui ancaman dimakan oleh sesuatu yang sangat besar! Perubahan kimiawi dalam tubuh menghasilkan “dorongan”, perasaan adrenalin, mempersiapkan tubuh untuk melawan binatang buas atau berlari seperti heck! Ini adalah dan dengan cara mana produk sampingan yang dibuat dari perubahan kimia dilepaskan.
Meskipun lalu lintas dalam perjalanan ke tempat kerja, atau mengetahui mertua akan datang minggu depan, hampir tidak sebanding dengan kemungkinan menjadi makan siang, tubuh masih mengalami perubahan kimia dalam menanggapi stres. Jika tindakan “melawan atau lari” tidak dilakukan, produk sampingan terus beredar dan dapat menyebabkan penyakit. Latihan adalah cara sempurna untuk mengeluarkan masalah.
Namun mengubah komposisi kimia tubuh bukanlah satu-satunya cara agar olahraga dapat membantu mengurangi stres. Stres dapat disebabkan oleh ekspresi atau penindasan kemarahan. Latihan menawarkan target di mana seseorang dapat mengarahkan kemarahan mereka. Cobalah memukul bola raket, bola golf, atau karung tinju. Pergi ke gym dan angkat beban. Sering kali, “mengeluarkannya” dapat membuat kemarahan itu hilang.
Beberapa bentuk latihan memiliki kesamaan meditasi. Latihan steady-state (lari jarak jauh, berenang dengan kecepatan lambat), dapat mengubah kondisi kesadaran seseorang karena pola pernapasan dalam yang dipertahankan selama periode waktu yang lama mirip dengan teknik pernapasan yang digunakan dalam meditasi. Beberapa pelari mengalami perasaan “tinggi” selama atau setelah lari.
Olahraga juga dapat meningkatkan perasaan harga diri seseorang. Dengan berpartisipasi dalam pertarungan olahraga, seseorang cenderung merasa lebih baik mengetahui mereka melakukan sesuatu untuk kesehatan mereka.
Menetapkan dan mengatasi tujuan dapat menjadi alat yang hebat dalam meningkatkan harga diri. Dan jangan lupa tentang peningkatan citra tubuh. Mungkin dorongan harga diri terbesar berasal dari pas ke ukuran yang lebih kecil atau melihat otot di mana dulu ada lemak!
Selama masa stres, otot berkontraksi. Selama latihan, otot bekerja, melepaskan energi yang tersimpan dan memungkinkan otot untuk kembali ke keadaan istirahat. Ini juga terjadi dengan pijatan.
Source: e-sports.icu