Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

QuestionsCategory: QuestionsCerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga
immersivemathfan asked 4 months ago

mengatur keuangan rumah tangga
mengatur keuangan rumah tangga

Untuk bisa mengatur keuangan sendiri saja terkadang masih banyak orang yang merasa kesulitan, apalagi jika sudah berumah tangga. Banyak sekali kebutuhan yang harus diperhatikan dan dipenuhi, ditambah sudah mempunyai anak dengan kebutuhan yang terus bertambah banyak. Jika tidak bisa keuangan rumah tangga dengan baik semua kebutuhan tidak akan terpenuhi dan tentu akan muncul hutang dan lain sebagainya. Meskipun sederhana, pengaturan finansial dalam keluarga itu perlu strategi yang tepat agar tidak mengalami masalah apalagi harus berhutang.

Kondisi keuangan yang baik itu dimana pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran. Dengan begitu masih ada tahapan untuk menabung sebagai bentuk jaga-jaga masa depan dan investasi untuk menambah pemasukan lainnya. Supaya keuangan Anda dan keluarga aman seperti tersebut bisa melakukan beberapa cara pengaturan seperti berikut ini:
1. Perhitungkan seluruh pendapatan.
Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memperhitungkan dengan baik seluruh pemasukan. Hal itu dari beragam seperti gaji, uang lembur, hasil investasi ataupun arisan yang didapat bulan ini. Dengan begitu Anda akan lebih paham seberapa besar pemasukan dan untuk apa saja dana tersebut.
2. Susun pengeluaran dengan skala prioritas.
Terkadang jika sudah ditempat belanja sering sekali mengalami kekalutan sehingga semua barang yang diambil tidak sesuai kebutuhan. Jika Anda mengalami masalah ini pasti keuangan keluarga dan rumah tangga akan berantakan. Makanya perlu membuat skala prioritas dalam mengeluarkan uang.
3. Perhatikan tabungan, asuransi dan investasi.
Jangan pernah lupa untuk selalu memperhatikan anggaran sebagai bentuk tabungan, asuransi dan investasi. Ketiganya sangat bermanfaat sekali untuk masa depan yang lebih baik seperti keperluan tak terduga.
4. Siapkan dana cadangan.
Berbeda dengan sebelumnya, Anda perlu pula untuk mempersiapkan dana cadangan dalam keluarga. Dalam hal ini memang bersifat bebas, tetapi bisa dimanfaatkan untuk keperluan secara mendesak sampai dengan akhir bulan.
5. Bedakan kebutuhan dan keinginan.
Dalam sebuah keluarga ada banyak anggota yang harus bisa mengontrol secara bersama-sama keuangan dengan baik. Misalnya saja istri menginginkan pakaian baru, jika dirasa tidak perlu suami bisa memberikan penjelasan. Dengan begitu lebih terbiasa dalam membedakan mana yang termasuk dalam kebutuhan dan keinginan.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuat keuangan dalam suatu keluarga aman, lancar dan terhindar dari namanya hutang. Sebenarnya sah-sah saja berhutang untuk suatu keperluan tertentu, tetapi jangan jadikan itu sebagai solusi setiap kali keuangan kurang. Dengan kebiasaan buruk tersebut bukan tidak mungkin langkah Anda mengatur keuangan rumah tangga akan sia-sia. Apalagi jika hutang yang dipilih dengan bunga tinggi setiap bulannya, tidak menutup kemungkinan akan menjadi kesulitan. Bahayanya jika itu menjadikan keuangan keluarga terhimpit dan terjerat hutang berkepanjangan.